Saturday, December 17, 2011

Mengapa Kita Menguap



Siapa di antara kita yang belum pernah ngalamin yang namanya menguap sekali pun seumur hidup?Pasti nggak ada.Semua manusia pasti pernah mengalami yang namanya menguap namun setiap manusia memiliki perbedaan jumlah menguap.Ternyata tanpa kita sadari menguap dapat menular dari manusia 1 ke yang lainnya.Dan masih banyak lagi fakta fakta tentang menguap yang saya akan bahas,ok check this out.

1. Menguap ternyata dapat menular

Menurut penelitian Steven Platek Ph.d., seorang profesor psikologi di universitas drexel,philadelpia, yang melakukan penelitian bersama timnya meyakini bahwa ketularan menguap adalah cara primitif yang ditunjukkan oleh orang lain untuk mengekspresikan empatinya.Katanya, ““menguap tidak hanya dipicu karena melihat seseorang menguap, tetapi juga karena mendengar, membaca, atau bahkan hanya karena berpikir tentang menguap,” wow…kalo ini benar, hebat juga ya kemampuan tubuh manusia untuk saling berempati..

2. Menguap untuk menjaga suhu otak

Ternyata, kalau kita menguap, itu tidak selalu pertanda ngantuk, bosan, atau kekurangan oksigen lho. menguap bisa jadi justru karena otak kita sedang berusaha memaksimalkan konsentrasi.Kata Gordon Gallup,ahli psikologi yang melakukan penelitian mengenai hal ini menunjukkan kalau menguap itu merupakan salah satu cara tubuh untuk menjaga suhu otak.Seperti mesin yang dipakai terus menerus dengan kapasitas besar yang memerlukan pendinginan.
Hasil penelitiannya ini diperkuat dengan uji coba yang dilakukannya di Universitas Albany.Beberapa mahasiswa diminta untuk menyaksikan rekaman orang yang sedang menguap.Kelompok pertama diminta untuk mengompres kepalanya dg kompres dingin,dan kelompok dua kepalanya tidak dikompres atau justru dikompres dengan kompres panas. Hasilnya,kelompuk pertama tidak ikut-ikutan menguap sedangkan kelompok kedua tertular ikut menguap.

3. Sering menguap pertanda ada yang tidak beres dengan tubuh

Menguap adalah hal biasa dan wajar,tapi jangan disepelekan ketika intensitasnya dirasa sudah melampaui batas normal karena ini bisa jadi merupakan alarm tubuh atas ketidak beresan yang terjadi dalam tubuh,baik yang ringan sampai yang parah.Ketidakberesan tubuh yang ditandai dengan sering menguap di antaranya sebagai berikut.
* menderita penyakit saraf, seperti multiple sclerosis dan amyotropic lateral sclerosis
* menderita darah rendah dengan tekanan darah 90/60 mmhg. Orang yang memiliki tensi darah yang rendah   biasanya sering menguap, cepat pusing dan lelah.
* sebagai akibat dari mengonsumsi obat-obatan tertentu.
* mengonsumsi anti depresan.
* kelelahan yang teramat sangat.\

Itu adalah sebagian fakta unik tentang menguap.Ternyata Menguap yang selama ini kita anggap bahwa kita sedang mengatuk,ternyata memiliki banyak fakta unik didalamnya.

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment