Thursday, March 05, 2015

Cara Mengontrol Marah



      Emosi merupakan hal yang paling sulit dikontrol oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.Emosi dapat ditunjukkan kerika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu dan salah satu emosi yang paling sulit dikontrol.Kita sering marah terhadap individu,kelompok,situasi dan kondisi bahkan terhadap diri sendiri.Marah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan dampak yang sangat negative,baik bagi orang disekitar kita maupun kesehatan kita.
        Secara psikologis dan medis, kemarahan merupakan suatu sikap emosional yang berdampak negatif pada jantung.Saat marah, terjadi perubahan fisiologis seperti meningkatnya hormon adrenalin yang akan memengaruhi kecepatan detak jantung dan menambah penggunaan oksigen.Kemarahan akan memaksa jantung memompakan darah lebih banyak sehinga bisa mengakibatkan tingginya tekanan darah.Akibatnya bisa fatal bila pemarah tersebut memiliki penyakit darah tinggi atau jantung.
Hasil penelitian modern menyimpulkan bahwa kemarahan berulang-ulang bisa memperpendek umur karena diserang berbagai penyakit kejiwaan dan penyakit jasmani.Dampak kemarahan akan semakin parah saat dalam keadaan berdiri, karena semua urat dan otot mengencang sehingga meningkatkan jumlah hormon adrenalin. Keadaan seperti ini bisa mengakibatkan penyakit kanker. Berbeda kalau dia duduk, maka adrenalin akan menurun.
Selain berdampak buruk baik kesehatan kesehatan,marah juga dampak memberikan dampak yang buruk bagi orang-orang disekitar kita,misalnya saja ketika seseorang membuat kesalahan kecil kepada kita,karena tidak adanya control yang baik dari kita,maka kita meluapkan semua kemarahan kita kepada orang tersebut dengan tanpa control yang membuat orang tersebut menjadi sakit hati dan terkadang berujung kepada dendam.
Melihat begitu banyak dampak negatif yang disebabkan oleh kemarahan baik untuk diri sendiri maupun orang lain,perlu ada kontrol yang baik dari kemarahan kita.Berikut adalah sedikit tips yang mungkin bisa membantu dikala kita sedang dilanda kemarahan ;

1.   Identifikasi Penyebab Marah


Walau dalam kondisi marah,kita harus  mengingat lagi secara detail alasan mendasar mengapa kita harus marah.Pikirkan kembali apakah kita perlu marah atau sekedar dengan memberi teguran saja.Beri penilai antara 1-10 sudah pada nilai berapa kah penyebab marah anda itu. Kalau masih dilevel yang rendah,hindari untuk meluapkan amarah dan cukup dengan menegur saja.Hal ini sangat berguna karena dengan melakukan hal ini secara berulang-ulang,kita dapat mengontrol amarah kita dan dapat menghindari dampak negative dari amarah itu sendiri.

2.   Pikirkan Diri Sendiri


Kita harus memikirkan diri sendiri,sebab ketika kemarahan menguasai diri,tanpa disadari kita sebenarnya sedang tidak memikirkan diri sendiri, kita sedang tidak menyayangi diri sendiri dan kita sedang menyakiti diri sendiri.Seperti yang dijelaskan tadi,ketika kita marah,peredaran darah kita bekerja dengan sangat cepat sehingga membuat tekanan darah menjadi naik maka yang terjadi adalah kepala sakit, pusing yang bila berlangsung terus-menerus dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan jantung.Jadi sebelum marah maka pikirkan diri kita sendiri agar tidak mengalami dampak yang fatal.

3.   Duduklah saat Ingin Marah


Ketika rasa marah melingkupi pikiran kita,ada baiknya kita mencoba untuk duduk,sebab dengan duduk akan membuat aliran darah menjadi melambat,dikarenakan saat tubuh kita duduk,aliran darah akan melambat diakibatkan aliran darah mengalami perlambatan kerja dikarenakan posisi duduk.Dengan duduk,kita dapat memikirkan lagi apakah benar kita harus marah atau tidak. Perubahan posisi dari berdiri ke duduk membuat perubahan pikiran juga.

Itulah sedikit tips yang mungkin saja dapat membantu kita ketika kita sedang dilanda kemarahan.Kemarahan tidak akan menghasilkan hasil yang baik ,baik untuk diri sendiri maupun orang lain.Mengelolah kemarahan dengan baik sangat membantu diri sendiri untuk terhindar dari dampak-dampak negatif yang dihasilkan.Selamat mencoba

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment